Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 09 Nov 2016

Jambore Nasional Gerakan Pramuka adalah perkemahan besar Pramuka Penggalang (usia 11-15 tahun) yang telah dikemas dalam kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka, sebagai sarana pembinaan karakter kaum muda-mudi yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan demi tercapainya kerukunan dan rasa persaudaraan. Kegiatan jambore ini lebih diarahkan kepada upaya pencapaian tujuan gerakan pramuka yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual, danfisik (SESOSIF) dalam rangka membentuk manusia yang berkarakter mulia, dan mandiri. “Jamnas Interactive Exhibition” merupakan pameran yang akan digelar untuk mendukung kegiatan Jamnas X tahun 2016 menjadi lebih atraktif dan mempunyai nilai lebih (value added), dengan sajian berbagai informasi dan produk-produk kreatif dan inovatif.

Sebagaimana fungsi promosi dan informasi konservasisum berdaya alam dan ekosistemnya,  Balai KSDA DKI Jakarta sangat mengapresiasikan kegiatan “Jamnas Interactive Exhibition” sebagai ajang pembelajaran dini bagi generasi muda khususnya anak-anak pramuka peserta Jambore Nasional, dengan tujuan yang akan dicapai adalah :

  1. Tersosialisasinya keberadaan dan potensi kawasan – kawasan konservasi di wilayah kerja Balai KSDA DKI Jakarta;
  2. Peserta pameran dapat mengenal melihat dan bersentuhan secara langsung dengan satwa hidup danmati, baik yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi Undang-Undang;
  3. Sebagai wadah atau ajang kreasi bagi mitra binaan Balai KSDA DKI Jakarta untuk menampilkan produk atau hasil kerjanya. 

Pelaksanaan Pameran dalam rangka Jambore dilaksanakan pada tanggal 14 – 20 Agustus  2016. jumlah pengujung Stand Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta sebanyak + 1000 orang. Pada stand pameran di siapkan oleh BKSDA DKI Jakarta, juga di tampilkan juga  pajangan berupa ovsetan seperti mamalia, Revtil, Aves dan Biota Laut. Pameran ini juga di Dukung oleh Mitra yaitu, LK. Fauna atraksi (burung Paruh Bengkok) PT. Alam Nusantara (pajangan Reptil), PT Panorama (pajangan koral dan ikan hias), PT Inti Kapuas menampilkan arwana di bantu juga oleh FK3I propinsi DKI Jakarta berupa atraksi ular. Stand BKSDA DKI Jakarta di kunjungi oleh Ibu Menteri Kementerian Lingkungan Hidup, Ibu Siti Nurbaya