Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 01 Sep 2016

Kegiatan Pembinaan penangkar TSL dan Lembaga Konservasi Wilayah Kerja Balai KSDA DKI Jakarta dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2016 di Hotel Bintang Griyawisata Ruang Selaka I yang beralamat di Jl. Raden Saleh No 16 Jakarta Pusat.

Maksud dan tujuan dari kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman penangkar TSL dan Lembaga Konservasi terhadap peraturan perundangan yang berlaku. Sedangkan yang menjadi sasara dari kegiatan ini adalah pemegang izin usaha penangkar tumbuhan dan satwa liar dan lembaga konservasi.

Adapun Narasumber pada kegiatan Pembinaan penangkar TSL dan Lembaga KonservasiKonservasi Wilayah Kerja Balai KSDA DKI Jakarta ini adalah Kepala Sub Direktorat Pengawetan Jenis , Kepala Sub Direktorat Pemanfaatan  Jenis dan PT Taman Impian Jaya Ancol.

 pembinaan penangkaran TSL

Peserta Kegiatan Pembinaan penangkar TSL dan Lembaga Konservasi Konservasi Wilayah Kerja Balai KSDA DKI Jakarta ini adalah pemegang izin usaha penangkar TSL, Lembaga Konservasi dan pegawai Balai KSDA DKI Jakarta sebanyak 40 orang.

Hasil pada kegiatan ini selain penyampaian materi oleh narasumber,kegiatan ini juga menghasilkan suatu rumusan yang sebagai hasil dari FGD masing masing klasifikasi jenis. Rumusan yang dihasilkan  adalah berupa draft Buku Induk (stud book) satwa sebagai berikut :

  1. Stud book karang hias
  2. Stud book reptil,amphibi dan mamalia
  3. Stud book ikan arwana
  4. Draft buku induk(stud book) Lembaga Konservasi.

Melalui surat Kepala Balai KSDA DKI Jakarta No. 1165/K.13/TU/TSL/10/2016 tanggal 11 Oktober 2016, hasil rumusan kegiatan telah di sampaikan kepada Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati untuk mendapatkan persetujuan serta arahan lebih lanjut.