Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 26 Jul 2018

Hari Mangrove Sedunia: Restorasi Mangrove Merupakan Tanggung Jawab Semua Pihak

Jakarta, 26 Juli 2018. Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang paling produktif namun juga sebagai salah satu ekosistem paling terancam di dunia. Seperti terumbu karang (atau disebut juga coral reef), hutan mangrove juga menjadi daerah perlindungan dan perkembangan bagi biota laut yang sangat beragam, seperti ikan, kepiting, udang dan moluska, serta fauna hutan seperti monyet, burung dan reptil. Ekosistem mangrove di banyak tempat juga menyediakan “critical service” (layanan penting) untuk manusia. Hal ini meliputi layanan terhadap perikanan komersial maupun terhadap masyarakat sekitar yang mengandalkan penghasilan dan sumber makanannya dari perikanan daerah pesisir serta sebagai daerah pariwisata, konservasi, pendi­dikan dan penelitian.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 18 Jul 2018

Translokasi Otan yang menggemaskan

Jakarta, 18 Juli 2018. Balai KSDA Jakarta kembali melaksanakan Konferensi Pers (Press Conference) berkaitan rencana translokasi satwa dilindungi Undang-undang, bertempat di Media Centre Kantor Seksi Wilayah II Tegal Alur Jalan Benda Raya No. 1 Jakarta Barat.

 

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 11 Jul 2018

Kunjungan Menteri Forest Service Korea

Jakarta, 11 Juli 2018. Kunjungan Menteri Forest Service Korea Dr. Kim Jaehyun ke Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Yang disambut hangat oleh KLHK, rombongan tiba diTWA Angke Kapuk pukul 12.25 WIB. Agenda kunjungan ini pertama dibuka dengan brief informasi tentang TWA Angke Kapuk & SM Pulau Rambut oleh kepala balai KSDA Jakarta disertai pemutaran sort video Kawasan.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 10 Jul 2018

Evakuasi kukang di Bekasi utara

Bekasi, Senin, 9 Juli 2018. berdasarkan laporan warga yang diterima Call Center BKSDA Jakarta yang menemukan satwa dilindungi undang undang, Setelah dikonfirmasi kepetugas berupa gambar satwa tersebut ternyata jenis satwa malu malu/kukang sunda dengan nama latin Nycticebus coucang. Team Wildlife Animals Recue Bksda Jakarta langsung mengevakuasi satwa tersebut.

 

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 28 Jun 2018

PENAMPAKAN BUAYA KETIKA PILKADA DI KALI GROROL

Jakarta Barat, Rabu, 27 Juni 2018. Di tengah-tengah merayakan PILKADA di beberapa daerah di Negara ini, masyarakat Jakarta Barat dihebohkan dengan munculnya seekor buaya muaya (Crocodylus porosus) yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 2 meter di Kali Grogol, Jakarta Barat. Kejadian ini mendapat respon yang cepat dari Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta bahkan turut serta hadir di lokasi Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (Dr. Indra Eksploitasia).

 

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 28 Jun 2018

PETUALANGAN KUCING HUTAN DI CIKARANG

Cikarang, Jumat, 22 Juni 2018,  Bksda Jakarta Menerima Laporan Dari Masyarakat melalui quick respond call center terkait kucing hutan (Prionailurus planiceps) yang dipelihara oleh masyarakat , Tidak menunggu lama petugas langsung menghadap kepala seksi wilayah 1 dan berkordinasi dengan KASAT POLHUT. Kemudian Team of Wildlife Rescue meluncur ke Lokasi.

 

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 27 Jun 2018

Evakuasi “bella” Buaya Muara (Crocodylus porosus) di BSD Tanggerang Oleh Team of Wildlife Rescue

Tanggerang, Selasa, 26 Juni 2018. Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta kembali mengevakuasi buaya untuk yang kesekian kalinya, berdasarkan dari laporan masyarakat ke call center bksda jakarta. Buaya awalnya dipelihara berukuran 25 cm, dipelihara kurang lebih 4 tahun hingga berukuran 2,30 meter. Alasan diserahkan buaya tersebut karena sudah lama dipelihara dari tahun 2011 dan menjadi kekuatiran bagi pemilik apabila buaya tersebut lepas. Proses evakuasi oleh team of wildlife rescue berjalan lancar

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 20 Jun 2018

Pencarian Buaya Tak Kunjung Lelah oleh Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta

Pencarian dan upaya evakuasi buaya muara di Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara terus dilakukan. Pada hari ini, Rabu tanggal 20 Juni 2018 kegiatan patroli dilakukan dalam upaya pencarian buaya muara. Pada pagi hari, kegiatan patroli dilakukan pada lokasi sekitar pemunculan buaya pertama kali yang terekam oleh personil TNI Angkatan Laut di Dermaga Sunda Kelapa. Kemudian, siang harinya dilanjutkan kegiatan patroli menyusuri dengan menggunakan speedboat dari Dermaga Sunda Pondok Dayung menuju ke Muara Angke.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 15 Jun 2018

TEAM of WILDLIFE RESCUE (TIM EVAKUASI SATWA LIAR) BALAI KSDA JAKARTA TETAP SIAGA KETIKA LEBARAN

Pada hari Kamis, 14 Juni 2016, dunia maya dihebohkan dengan berita viral sebuah video rekaman yang menangkap seekor buaya muara yang berenang di Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara. Video ini terekam oleh sejumlah anggota TNI Angkatan Laut (AL). Pada hari Minggu, 17 Juni 2018 masih berlangsung pencarian buaya di sekitar Dermaga Sunda Komplek Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara dan Perairan Alur keluar/masuk Dermaga 009 Pelindo. Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai KSDA Jakarta (Ahmad Munawir, S. Hut. M.Si.) telah berkoordinasi langsung dengan pihak Angkatan TNI Laut untuk proses evakuasi yang ditindaklanjuti dengan upaya pencarian bersama.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 21 May 2018

Nuri malang Nuriku dari Malang

Jakarta,  Polisi Kehutanan Balai KSDA Jakarta berhasil menggagalkan penyelundupan 353 ekor burung Nuri tanpa dokumen SATS-DN di bandara Soekarno-Hatta  pada Sabtu 19 Mei 2018, berawal informasi yang didapat melalui aplikasi WhatsApp dari Kabalai Besar KSDA Jawa  Timur 

Baca Selengkapnya