Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 05 May 2018

Evakuasi Beruang Madu (Helarctos malayanus) di Kantor Samsat Jakarta Barat

Berbekal informasi yang masuk pada WA Grup Balai KSDA Jakarta dari wartawan Blog rakyatmerdekanews.com, bahwa diinformasikan adanya satwa dilindungi Undang-undang berupa beruang madu (Helarctos malayanus) di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Barat, Kepala Balai KSDA segera memerintahkan  kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah II  untuk  segera menindaklanjuti kebenaran informasi dimaksud, kemudian menurunkan 2 (dua) petugas Polisi Kehutanan untuk  melakukan  investigasi,  dan diperoleh keterangan dari seorang anggota Polisi yang sedang bertugas di Samsat tersebut bahwa beruang itu adalah milik Kasat Lantas Polres Jakarta Barat.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 28 Apr 2018

Cinta Habitat Suaka Margasatwa Pulau Rambut

Jakarta, 28 April 2018. Suaka Margasatwa Pulau Rambut adalah satu dari sepuluh situs Ramsar yang ada di Indonesia, terletak di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan dikenal dengan sebutan Heaven of Birds. Kawasan ini juga merupakan satu dari empat Kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai KSDA Jakarta. Nilai penting dari Kawasan ini merupakan tempat berkembang biak(Breedinga site)  jenis burung yang dikenal dengan sebutan Cikalang Christmas (Fregata anderwsi) yang berasal dari pulau Christmas dari benua Australia.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 24 Apr 2018

“Translokasi Orangutan Kalimantan dan Beruang Madu”

Jakarta, 23 April 2018, Kepala Balai KSDA Jakarta didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah  II, Petugas dan Perawat Satwa dari PPS Tegal Alur serta dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menyertai persiapan keberangkatan “Jono” Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)  dan “Baddy” Beruang Madu (Helarctos malayanus)  ke Orangutan Care Center and Quarantine (OCCQ) milik Orangutan Foundation International (OFI) di Desa Pasir Panjang Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun Kalimantan Tengah.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 01 Dec 2016

Pembinaan Feeding Ground Suaka Margasatwa Pulau Rambut

Kawasan Suaka Margasatwa Pulau Rambut sebagai habitat dari berbagai jenis satwa liar juga memiliki daya dukung yang harus diperhatikan dan dikelola dengan kegiatan-kegiatan berbasis konservasi.  Keanekaragaman hayati di SM Pulau Rambut sangat bergantung pada kondisi habitat yang ada.  Unsur penting dari habitat adalah ketersediaan air.  Air menjadi unsur yang sangat penting karena merupakan unsur esensial yang menjadi indikator kondisi habitat dan sangat mempengaruhi kondisi satwa yang ada pada habitat tersebut.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 09 Nov 2016

JAMNAS INTERACTIVE EXHIBITION KE-X 2016 CIBUBUR

Jambore Nasional Gerakan Pramuka adalah perkemahan besar Pramuka Penggalang (usia 11-15 tahun) yang telah dikemas dalam kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka, sebagai sarana pembinaan karakter kaum muda-mudi yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan demi tercapainya kerukunan dan rasa persaudaraan

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 01 Oct 2016

PEMBINAAN KADER KONSERVASI ALAM LINGKUP BALAI KSDA DKI JAKARTA 2016

Pembukaan Kegiatan Kader Konservasi Alam oleh kepalai Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta, kegiatan kader Konservasi Alam dengan tema “ Melalui Pembinaan Kader Konservasi , Kita tingkatkan Peran Kader  Konservasi sebagai Bentuk Aktualisasi diri “ yang nanti diharapkan bisa melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian alam.  Selain itu juga inovasi baru sangat dibutuhkan terhada  kegiatan konservasi tidak cukup dilakukan oleh pemerintah saja akan tetapi perlu dukungan dari berbagai pihak terutama Kader Konservasi Alam.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 01 Sep 2016

PEMBINAAN PENANGKAR TSL DAN LEMBAGA KONSERVASI WILAYAH KERJA BALAI KSDA DKI JAKARTA TAHUN 2016

Kegiatan Pembinaan penangkar TSL dan Lembaga Konservasi Wilayah Kerja Balai KSDA DKI Jakarta dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2016 di Hotel Bintang Griyawisata Ruang Selaka I yang beralamat di Jl. Raden Saleh No 16 Jakarta Pusat.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 10 Aug 2016

SURVEY POTENSI SUAKA MARGASATWA MUARA ANGKE

Suaka Margasatwa Muara Angke merupakan salah satu kawasan konservasi yang terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Kawasan konservasi ini merupakan kawasan ekosistem mangrove yang telah mengalami penurunan kualitas dari tahun ke tahun yang antara lain disebabkan oleh pencemaran, spesies eksotik dan invasif serta pembangunan sekitar kawasan yang kontraproduktif dengan konservasi. DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan Indonesia dan sebagai daerah urban dengan jumlah serta kepadatan penduduk tinggi dengan berbagai tingkatan sosial yang berbeda turut mempengaruhi keberadaan kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke. Untuk itu diperlukan upaya pengelolaan dengan perencanaan yang baik di kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke agar keberadaan  dan fungsinya sebagai kawasan konservasi dapat dipertahankan.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 15 Jul 2016

MONITORING SPECIES BURUNG BANGAU BLUWOK (Mycteria cinerea)

Burung Bluwok (Mycteria cinerea) adalah salah satu jenis burung air anggota Ciconidae yang termasuk jenis dilindungi oleh pemerintah Indonesia berdasarkan PP no 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa.  Dalam buku Birds to Watch yang dikeluarkan oleh IUCN, burung ini digolongkan terancam punah secara global dan termasuk ke dalam kategori rentan (vulnerable).  Selain itu juga tercantum dalam Appendix I dari CITES yang berarti burung ini secara internasional tidak boleh diperdagangkan.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 13 May 2015

Pencanangan Gerakan Nasional Penyelematan Tumbuhan dan Satwa Liar

Peningkatan perlindungan terhadap habitat alam hewan merupakan komponen penting dalam penyelamatan satwa tersebut. Perlu adanya pengamanan habitat berbasis masyarakat dan penegakan hukum tegas terhadap pembukaan lahan secara illegal, perburuan dan perdagangan satwa liar. Protokol perlindungan habitat alam satwa dapat disepakati antar pihak berkepentingan, pemerintah dan masyarakat.  Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penyadartahuan kepada masyarakat melalui “Pencanganan Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar”.

Baca Selengkapnya