Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 15 Jul 2016

MONITORING SPECIES BURUNG BANGAU BLUWOK (Mycteria cinerea)

Burung Bluwok (Mycteria cinerea) adalah salah satu jenis burung air anggota Ciconidae yang termasuk jenis dilindungi oleh pemerintah Indonesia berdasarkan PP no 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa.  Dalam buku Birds to Watch yang dikeluarkan oleh IUCN, burung ini digolongkan terancam punah secara global dan termasuk ke dalam kategori rentan (vulnerable).  Selain itu juga tercantum dalam Appendix I dari CITES yang berarti burung ini secara internasional tidak boleh diperdagangkan.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 13 May 2015

Pencanangan Gerakan Nasional Penyelematan Tumbuhan dan Satwa Liar

Peningkatan perlindungan terhadap habitat alam hewan merupakan komponen penting dalam penyelamatan satwa tersebut. Perlu adanya pengamanan habitat berbasis masyarakat dan penegakan hukum tegas terhadap pembukaan lahan secara illegal, perburuan dan perdagangan satwa liar. Protokol perlindungan habitat alam satwa dapat disepakati antar pihak berkepentingan, pemerintah dan masyarakat.  Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penyadartahuan kepada masyarakat melalui “Pencanganan Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar”.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 11 Jul 2013

Visit to School 2013

Dalam rangka penyebaran informasi tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, BKSDA DKI Jakarta mengadakan pendidikan konservasi usia dini melalui kegiatan Visit To School untuk memberikan informasi khususnya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 10 Jul 2013

AKSI BERSIH SAMPAH DI SM MUARA ANGKE, SM PULAU RAMBUT, & CA PULAU BOKOR

Kegiatan aksi bersih sampah ini dilakukan secara serentak di Suaka Margasatwa Muara Angke, Suaka Margasatwa Pulau Rambut dan Cagar Alam Pulau Bokor. Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 hari yaitu 10 sampai dengan 19 Juni 2013.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 09 Jul 2013

Kemah Bakti Kader Konservasi Dan Kelompok Pecinta Alam 2013

Kegiatan Kemah Bakti Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam 2013 ini telah dilaksanakan di dua tempat yaitu, di Pulau Untung Jawa pada tanggal 7 dan 27 Juni serta di Suaka Margasatwa Pulau Rambut pada tanggal 21 Juni 2013.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 14 May 2013

24 EKOR SATWA LIAR YANG DILINDUNGI DISITA BALAI KSDA DKI JAKARTA

Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta berhasil menyita 24 ekor satwa liar yang dilindungi yang terdapat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya melalui Operasi Pengamanan Tumbuhan dan Satwa Liar yang digelar pada 7 Mei 2013 di Pasar Jatinegara dan Pasar Kemang.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 14 May 2013

Coaching DUPAK 2013

Untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kinerja Polisi Kehutanan, Pengendali Ekosistem Hutan, Penyuluh Kehutanan dan Pranata Komputer tersebut, maka salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta adalah kegiatan Coaching Dupak bagi pejabat Fungsional tahun 2013.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 09 Apr 2013

BKSDA DKI JAKARTA MENJADI PESERTA TERBAIK I KATEGORI UPT KEHUTANAN PADA INDOGREEN FORESTRY EXPO 2013

BKSDA DKI Jakarta dalam keikutsertaannya pada Pameran IndoGreen Forestry Expo ke-5 tahun 2013 menampilkan tema: Selamatkan Pulau Rambut artinya Selamatkan Jakarta. Mengutip pernyataan Menteri Kehutanan Bapak Zulkifli Hasan, "Kekayaan ini harus tetap dijaga, Pulau Rambut sebagai Surga Burung harus tetap dilestarikan" saat berkunjung ke Pulau Rambut.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 04 Mar 2013

KUNJUNGAN MENTERI KEHUTANAN KE SM PULAU RAMBUT

Jumat, 1 Maret 2013, Suaka Margasatwa Pulau Rambut mendapatkan kunjungan dari Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan beserta jajarannya. Dalam kunjungannya Menhut menuturkan salah satu ciri khas Suaka Margasatwa Pulau Rambut yaitu tempat habitat ribuan burung, sehingga biasanya disebut sebagai Surganya Burung (The Heaven of Bird).

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 01 Mar 2013

Penanaman Mangrove di TWA Angke Kapuk Bersama Bank Mandiri

Penanaman Mangrove di Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini diprakarsai oleh Bank Mandiri melalui program sosial perusahaan (CSR). Acara ini dilaksanakan pada Minggu, 24 Februari 2013 dan dibuka oleh Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan. Penanaman ini dihadiri oleh jajaran direksi Bank Mandiri, Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Melba Prima, serta Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono dan juga melibatkan Pramuka Saka Wanabhakti Bekasi beserta jajaran Staf BKSDA DKI Jakarta.

Baca Selengkapnya