Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 20 Jun 2018

Pencarian Buaya Tak Kunjung Lelah oleh Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta

Pencarian dan upaya evakuasi buaya muara di Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara terus dilakukan. Pada hari ini, Rabu tanggal 20 Juni 2018 kegiatan patroli dilakukan dalam upaya pencarian buaya muara. Pada pagi hari, kegiatan patroli dilakukan pada lokasi sekitar pemunculan buaya pertama kali yang terekam oleh personil TNI Angkatan Laut di Dermaga Sunda Kelapa. Kemudian, siang harinya dilanjutkan kegiatan patroli menyusuri dengan menggunakan speedboat dari Dermaga Sunda Pondok Dayung menuju ke Muara Angke.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 15 Jun 2018

TEAM of WILDLIFE RESCUE (TIM EVAKUASI SATWA LIAR) BALAI KSDA JAKARTA TETAP SIAGA KETIKA LEBARAN

Pada hari Kamis, 14 Juni 2016, dunia maya dihebohkan dengan berita viral sebuah video rekaman yang menangkap seekor buaya muara yang berenang di Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara. Video ini terekam oleh sejumlah anggota TNI Angkatan Laut (AL). Pada hari Minggu, 17 Juni 2018 masih berlangsung pencarian buaya di sekitar Dermaga Sunda Komplek Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara dan Perairan Alur keluar/masuk Dermaga 009 Pelindo. Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai KSDA Jakarta (Ahmad Munawir, S. Hut. M.Si.) telah berkoordinasi langsung dengan pihak Angkatan TNI Laut untuk proses evakuasi yang ditindaklanjuti dengan upaya pencarian bersama.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 21 May 2018

Nuri malang Nuriku dari Malang

Jakarta,  Polisi Kehutanan Balai KSDA Jakarta berhasil menggagalkan penyelundupan 353 ekor burung Nuri tanpa dokumen SATS-DN di bandara Soekarno-Hatta  pada Sabtu 19 Mei 2018, berawal informasi yang didapat melalui aplikasi WhatsApp dari Kabalai Besar KSDA Jawa  Timur 

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 11 May 2018

SOSIALISASI PEMANFAATAN JENIS TUMBUHAN SATWA LIAR DI WILAYAH KERJA BALAI KSDA JAKARTA

Jakarta, 11 Mei 2018. Balai KSDA Jakarta mengadakan kegiatan sosialisasi Pemanfaatan tsl dengan peserta berasal dari pihak-pihak yang terkait dengan peredaran tsl baik dari pemegang regulator,    pelaksana regulator, maupun pelaku pemanfaatan tsl.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 10 May 2018

Kunjungan KfW Jerman & Ditjen Sampah di Paradise of Birds Suaka Margasatwa Pulau Rambut

Kepulauan Seribu, 10 Mei 2018Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW) bersama dengan Ditjen Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkunjung di Suaka Margasatwa Pulau Rambut. Rombongan didampingi langsung Kepala Balai KSDA Jakarta (Ahmad Munawir, S. Hut., M.Si) dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah III ( Ida Harwati, S.Hut., M.Eng.) beserta staf. Kunjungan ini guna diskusi mengenai rencana jangka pendek pengelolaan sampah di Kabupaten Kota Administrasi Kepulauan Seribu.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 05 May 2018

Evakuasi Beruang Madu (Helarctos malayanus) di Kantor Samsat Jakarta Barat

Berbekal informasi yang masuk pada WA Grup Balai KSDA Jakarta dari wartawan Blog rakyatmerdekanews.com, bahwa diinformasikan adanya satwa dilindungi Undang-undang berupa beruang madu (Helarctos malayanus) di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Barat, Kepala Balai KSDA segera memerintahkan  kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah II  untuk  segera menindaklanjuti kebenaran informasi dimaksud, kemudian menurunkan 2 (dua) petugas Polisi Kehutanan untuk  melakukan  investigasi,  dan diperoleh keterangan dari seorang anggota Polisi yang sedang bertugas di Samsat tersebut bahwa beruang itu adalah milik Kasat Lantas Polres Jakarta Barat.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 28 Apr 2018

Cinta Habitat Suaka Margasatwa Pulau Rambut

Jakarta, 28 April 2018. Suaka Margasatwa Pulau Rambut adalah satu dari sepuluh situs Ramsar yang ada di Indonesia, terletak di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan dikenal dengan sebutan Heaven of Birds. Kawasan ini juga merupakan satu dari empat Kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai KSDA Jakarta. Nilai penting dari Kawasan ini merupakan tempat berkembang biak(Breedinga site)  jenis burung yang dikenal dengan sebutan Cikalang Christmas (Fregata anderwsi) yang berasal dari pulau Christmas dari benua Australia.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 24 Apr 2018

“Translokasi Orangutan Kalimantan dan Beruang Madu”

Jakarta, 23 April 2018, Kepala Balai KSDA Jakarta didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah  II, Petugas dan Perawat Satwa dari PPS Tegal Alur serta dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menyertai persiapan keberangkatan “Jono” Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)  dan “Baddy” Beruang Madu (Helarctos malayanus)  ke Orangutan Care Center and Quarantine (OCCQ) milik Orangutan Foundation International (OFI) di Desa Pasir Panjang Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun Kalimantan Tengah.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 01 Dec 2016

Pembinaan Feeding Ground Suaka Margasatwa Pulau Rambut

Kawasan Suaka Margasatwa Pulau Rambut sebagai habitat dari berbagai jenis satwa liar juga memiliki daya dukung yang harus diperhatikan dan dikelola dengan kegiatan-kegiatan berbasis konservasi.  Keanekaragaman hayati di SM Pulau Rambut sangat bergantung pada kondisi habitat yang ada.  Unsur penting dari habitat adalah ketersediaan air.  Air menjadi unsur yang sangat penting karena merupakan unsur esensial yang menjadi indikator kondisi habitat dan sangat mempengaruhi kondisi satwa yang ada pada habitat tersebut.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 09 Nov 2016

JAMNAS INTERACTIVE EXHIBITION KE-X 2016 CIBUBUR

Jambore Nasional Gerakan Pramuka adalah perkemahan besar Pramuka Penggalang (usia 11-15 tahun) yang telah dikemas dalam kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka, sebagai sarana pembinaan karakter kaum muda-mudi yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan demi tercapainya kerukunan dan rasa persaudaraan

Baca Selengkapnya