Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 10 Aug 2023

PERINGATAN HARI KONSERVASI ALAM NASIONAL 2023 DI SUAKA MARGASATWA PULAU RAMBUT

Bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tanggal 10 Agustus 2023, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta bersama Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu memperingatinya dengan mengadakan beberapa kegiatan konservasi bersama mitra terkait di Suaka Margasatwa Pulau Rambut. 

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 06 Aug 2023

CAMPAIGN HARI KONSERVASI ALAM NASIONAL 2023 DI CFD BUNDARAN HI JAKARTA

Minggu, 6 Agustus 2023 bertempat di Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia (HI). Balai KSDA Jakarta ikut serta menyemarakan Acara Campaign Hari Konservasi Alam Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi, Ditjen KSDAE. 

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 31 Jul 2023

Translokasi Satwa ke Pusat Konservasi Satwa Balai KSDA Maluku

Pada hari Senin, tanggal 31 Juli 2023, BKSDA Jakarta melakukan translokasi Kakatua Maluku (Cacatua moluccensis) 2 ekor; Kakatua Putih (Cacatua alba) 1 ekor; Nuri Bayan (Eclectus roratus) 12 ekor; dan Kura-Kura Ambon (Cuora amboinensis) 4 ekor ke Balai KSDA Maluku.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 05 Jun 2023

Evakuasi Penyelamatan Satwa Penyu Hijau (Chelonia mydas)

Senin, 5 Juni 2023. Balai KSDA Jakarta Resort Tangerang kembali melakukan kegiatan evakuasi 1(satu) ekor Penyu Hijau (Chelonia mydas). Satwa dievakuasi dari daerah Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 15 Dec 2022

Pengawasan Monitoring Satwa Koleksi LK Taman Margasatwa Ragunan oleh Balai KSDA Jakarta

Balai KSDA Jakarta melakukan kegiatan monitoring satwa koleksi di Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memonitoring dan mendata satwa yang telah mendapatkan persetujuan perolehan satwa liar (satwa koleksi) dan memverifikasi satwa yang akan diajukan untuk persetujuan perolehan satwa liar (satwa koleksi) di TMR.

Dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa sudah diperoleh persetujuan perolehan satwa liar (satwa koleksi) sebanyak 89 ekor dan satwa yang akan diusulkan untuk mendapatkan persetujuan perolehan satwa liar sebanyak 1800 ekor.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 29 Aug 2022

Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN)

Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang di peringati setiap tahun pada tanggal 10 Agutsus, dengan di peringati HKAN sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam, memasyarakatkannya dan menjadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta merupakan salah satu UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang turut serta dalam memperingati HKAN pada tanggal 10 Agustus 2022 dengan tema nasional “Amertha Taksu Abhinaya” (Memulihkan Alam untuk Masyarakat Sejahtera) dengan aksi nyata BKSDA Jakarta pada HKAN yaitu pelepasan tukik penyu sisik (Eretmochelys imbricata) sebanyak 50 ekor dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga penyu sisik dari kepunaan dikarenakan hewan tersebut merupakan hewan yang di lindungi undang-undang sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Baca Selengkapnya

Diterbitkan 25 Aug 2022

Ngobrol Santai Konservasi (NGONSER) di Jambore Nasional (JAMNAS) Pramuka Ke XI

Jakarta, 16-19 Agustus 2022, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru melaksanakan kegiatan pameran di stand kampung pengembangan berkelanjutan (GDV). Dalam upaya memeriahkan kegiatan tersebut maka Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta menggelar acara Ngobrol Santai Konservasi (Ngonser) di Jambore Nasional ke XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur - Jakarta Timur.

Jambore merupakan ajang  pertemuan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan bersifat rekreatif dan edukatif di alam terbuka, dikemas dalam suatu perkemahan yang menitik-beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian. Perserta berasal dari Pramuka Penggalang setingkat SMP yang berasal dari perwakilan Kwatir Cabang (Kwarcab) atau tingkat Kota dan Kabupaten yang tersebar di Indonesia.

Baca Selengkapnya