Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 19 Aug 2020

19 Agustus 2020 - Bertempat di Pusdik Polair Pondok Dayung, Jakarta Utara, Balai KSDA Jakarta menyelenggarakan kegiatan latihan menembak pada tanggal 19 Agustus 2020. Kegiatan pelatihan menembak ini diikuti oleh 39 peserta yang terdiri dari 33 petugas Polhut Balai KSDA Jakarta, 2 Polhut Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, dan 4 pejabat struktural Balai KSDA Jakarta.

Maksud dan tujuan mengikuti kegiatan pelatihan menembak ini, diharapkan para petugas Polhut dan pejabat struktural lingkup Balai KSDA Jakarta memiliki kemampuan untuk lebih mengendalikan diri melalui 3-K (Kesabaran, Ketenangan dan Konsentrasi), mendapat pengetahuan dalam hal keselamatan dan pengetahuan dalam masalah senjata api, baik laras pendek maupun laras panjang serta dapat menggunakan senjata api dengan benar dan aman (tidak membahayakan keselamatan orang lain).

Kepala Balai KSDA Jakarta, Karyadi dalam arahannya meminta agar peserta kegiatan pelatihan menembak berhati-hati dan konsentrasi dalam menggunakan senjata api. “Petugas Polhut harus senantiasa dibekali keterampilan menembak dan itu dapat dilakukan dengan berlatih secara berkala”, ujarnya.

Dalam pelatihan ini peserta dibimbing oleh 8 (delapan) instruktur yang berpengalaman di bidangnya yang merupakan instruktur menembak dari Pusdik Polair Pondok Dayung yang dikomandani oleh Kompol Afip. Kompol Afip menyampaikan materi antara lain :

  1. Pengenalan Senjata Laras Panjang dan laras pendek.
  2. Dasar – dasar menembak yang benar
  3. Latihan Menembak (Laras Pendek dan Laras Panjang)

Senjata yang digunakan dalam latihan menembak tersebut adalah Senjata Api laras panjang tipe SS1 V1 dan Pistol HS-9 mm. Masing-masing peserta diberikan kesempatan 20 butil amunisi untuk setiap senjatanya.

Setelah sesi latihan selesai, Instruktur menyampaikan evaluasi pelaksanaan latihan dimana skor syarat kelulusan di atas 60.

Richard M Sirait - Penyuluh Kehutanan Muda