Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 10 Jun 2020

Burung ini umumnya berwarna abu - abu pucat, kepala burung dan lehernya berwarna putih, serta memiliki kedok hitam, dibelakang mata (burung) yang memajang ke belakang  membentuk guratan lengkung yang halus.

Daerah persebaran meliputi Afrika, Erasia, sampai filipana, dan sunda. status konservasi untuk  Ardea cinerea adalah daftar merah IUCN: Resiko Rendah.

Cangak abu merupakan salah salah satu komponen penyusun keragaman hayati di Suaka Margasatwa Pulau Rambut yang memeliki nilai penting.

Di Pulau Rambut Cangak abu bisa di jumapai pata hutan magrove, biasanya menempati tajuk - tajuk pohon Rhizohphora mucronata pada bagian blok perlindungan (bagian utara) pulau rambut dan pada blok rehabilitasi (bagian timur) Pulau Rambut. Dan pada saat sudah bertengger akan diam seribu bahasa, sehingga bagi pencina photografy cukup membosankan untuk mendapatkan moment  burung ini bergerak.

Pada saat air laut surut, burung ini biasanya mencari makan pada lantai hutan mangrove dan bagian mudflat Pulau Rambut.

Adapun upaya untuk menjaga keberadaan burung ini, dan burung lainya di pulau rambut yaitu melalui perlindungan pengamanan kawasan/patroli rutin, monitoring dan pemantauan kualitas habitat.

(dyky)