Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 25 Oct 2019

Jakarta, 25 Oktober 2019Anggota DPR -RI masa kerja 2019-2024 Christina Aryani dari Fraksi Golkar, mengunjungi Balai KSDA Jakarta karena ingin tahu apa saja yang dikerjakan oleh BKSDA Jakarta terkait perlindungan dan pemanfaatan satwa liar. Disambut oleh Kepala Balai BKSDA Jakarta Ahmad Munawir dia mengungkapkan rasa penasaran dengan apa yang dikerjakan oleh BKSDA Jakarta, terkait konservasi satwa liar. Ungkap Christina membuka pertemuan. “Saya menaruh perhatian kepada kelestarian satwa liar” imbuh perwakilan dapil Jakarta PusatJakarta Selatan dan luar negeri itu.

Kepala Balai BKSDA Jakarta Ahmad Munawir memberikan paparan berupa tugas pokok dan fungsi BKSDA Jakarta secara umum dan program program perlindungan dan pemanfaatan satwa liar secara khusus.

3 pilar konservasi yaitu Perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan sumber plasma nutfah dan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya alam hayati sehingga terjamin kelestariannya adalah dasar kami mengelola kawasan konservasi beserta isinya” imbuh Munawir menjelaskan.

Tumbuhan dan satwa liar boleh dimanfaatkan dalam koridor tertentu, dimana kelestariannya menjadi prioritas” pungkasnya.

BKSDA Jakarta membina 45 penangkaran, 122 pemegang ijin edar dalam negeri, 110 pemegang ijin edar luar negeri dan 5 lembaga konservasi. Selain melakukan pembinaan terhadap peredaran tumbuhan dan satwa liar, dalam hal perlindungan satwa liar BKSDA Jakarta melaksanakan kegiatan berupa patroli, penjagaan, penyadartahuan berupa kegiatan Edukasi Tumbuhan dan Satwa Liar (Eksatli), Ngobrol Santai Konservasi (Ngonser)press release, penanganan konflik satwa liar, evakuasi satwa liar, pelepasliaran dan rehabilitasi satwa liar, serta pengelolaan kawasan konservasi” lanjut munawir menjelaskan.

Christina Aryani sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh BKSDA Jakarta. “Saya menaruh perhatian terhadap pengelolaan yang telah dilaksanakan oleh BKSDA Jakarta, semoga kedepan saya bisa membantu” tutup Christina.

Christina Aryani adalah advokat dan juga merupakan anggota DPR RI terpilih di Pileg 2019 dari Partai Golkar. Dia maju dari dapil DKI II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar negeri.