Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 22 May 2024

Kemah Alam Nusantara (Kelana) Jilid II
Balai KSDA Jakarta bekerjasama dengan Kelompok EKSATLI (Edukasi Konservasi, Satwa, Tumbuhan, dan Lingkungan) mengadakan kegiatan Kemah Alam Nusantara (Kelana) 2024 di Bumi Perkemahan Sukamantri, Taman Nasional Gunung Halimun Salak tanggal 20-22 Mei 2024.
Kelana II mengambil tema "Edukasi Konservasi Terus Lestari" dimana pentingnya edukasi konservasi agar alam dan lingkungan tetap lestari. Peserta kegiatan berjumlah 100 orang yang berasaldari pelajar setingkat SMA di wilayah Jakarta. Dengan kegiatan ini diharapkan semakin banyaknya generasi-generasi muda yang peduli dan berbuat aksi nyata bagi lingkungan.
Kegiatan Kelana II dibuka oleh Kepala Balai KSDA Jakarta serta dihadiri oleh Kepala Balai TN Gunung Halimun Salak, perwakilan Direktorat Pengelolaan Kawasan Konservasi, dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.
Berbagai materi teori dan praktek lapang diberikan selama 3 hari antara lain Bina Cinta Alam, dasar-dasar konservasi, Kurikulum Merdeka Kelana, pengenalan monyet ekor panjang dan metode penghitungan, dan jungle survival. Peserta juga diajak melakukan tracking menuju salah satu curug (air terjun) di kawasan TN Gunung Halimun Salak sambil pengenalan flora dan fauna yang ditemukan selama perjalanan.
Kegiatan ini juga disemarakkan dengan aktivitas pentas seni dan tugas kelompok yang menambah kekompakan, kerjasama, dan jejaring di antara para peserta.
"Tindakan kecil dari generasi muda hari ini adalah investasi besar untuk masa depan bumi kita. Peduli pada alam bukanlah pilihan, tapi tanggung jawab kita sebagai penjaga bumi."
Mungkin gambar teks yang menyatakan 'KEMÉNTERIAN KEME LHK BALAIKSDA BALAIKSDAJAKARTA JAKARTA KELANA KEMAH ALAM NUSANTARA (KELANA) JILID II BumiPerkemahan BumiPerkemohanSukamantr Bumi Sukamantri- BTNGHS bksdadki.com BKSDAJakarta balai_ksdajakarta bksdadkijakarta J bksdajakarta_ 0812-8964-3727' Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berkemah dan teks 
 Mungkin gambar ‎tempat perkemahan dan ‎teks yang menyatakan '‎KEMENTERIAN ERIAN LHK BALAI KSDA BALAIKSDAJAKARTA JAKARTA bksdadki.com f KSDAJakarta balai_ balai_ksdajakarta bksdadkijakarta ? bksdajakarta_ 0812-8964-3727‎'‎‎ Mungkin gambar 5 orang, kukang, pohon dan teks yang menyatakan 'KEMENTERIANLI LHK BALAT-KSDAJAKARTA f BKSDAJakarta balai_ksdajakarta Jbksdajakarta_ C 0812-8964-3727'