Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 21 Oct 2019

Jakarta, 21 Oktober 2019. Kepala BKSDA Jakarta (Ahmad Munawir, S. Hut, M. Si) kedatangan tamu dari komunitas satwa burung, reptile dan mamalia. Para pecinta satwa liar ini penasaran tentang serba serbi peraturan kepemilikan satwa yang dilindungi oleh undang-undang, serta peringatan Hari cinta puspa November nanti.

Diterima oleh orang nomor satu BKSDA Ahmad Munawir, pecinta satwa liar ini mempertanyakan mekanisme memelihara satwa liar yang sesuai dengan peraturan. Menanggapi hal tersebut, mantan Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Danau Sentarum menyampaikan hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri KLHK Nomor: P. 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Perubahan Kedua Atas Aturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Yang Dilindungi. Pada dasarnya kami kami akan membantu dalam pendataan, hal ini dilakukan demi tertibnya lalu lintas dalam peredaran tumbuhan dan satwa liar khususnya yang masuk dilindungi undang-undang" imbuh Munawir memberi penjelasan. Dalam peringatan Hari Cinta Puspa Nasional yang akan dilaksanakan 1 bulan kedepan juga akan dilakukan Ngobrol Konservasi (NGONSER) terkait terkait aturan terkait kepemilikan tumbuhan dan satwa liar baik yg tidak dan yang dilindungi undang-undang.

Dalam pertemuan ini dihadiri perwakilan dari beberapa komunitas antara lain Paguyuban keluarga besar Jabodetabek, Komunitas musang Lovers, Komunitas Otter Lovers, dan Sugar Glider Lovers.