Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 18 Jun 2020

ukuran tubuh berukuran lebih besar dari pada kuntul kerbau dan lebih kecil dari kuntul perak , yaitu antara 55 - 65 cm memiliki panjang bentangan sayap 88 - 106 cm.

penyebaran alami kuntul kecil mencakup wilayah luas di Afrika, Eropa, Asia dan Australia . Di Indonesia burung ini ditemukan menetap di Jawa dan Bali (ras berkaki hitam, nigripes), yang mengembara hingga Sumatra dan Kalimantan.

Di Suka Margasatwa Pulau Rambut tidak terlalu sulit untuk untuk menemukan burung ini, kita bisa melihat dari menara pengamatan  burung dan dari bird hidding untuk melihat jelas burung ini.

Pada pagi dan sore hari kita bisa melihat atraksi burung ini terbang di dermaga pulau rambut dengan jelas dan memandang dengan indah matahari tebenan, dan menyaksikan burung masuk ke dalam kawasan setelah mereka mencari makan di pesisir utara pulau Jawa (Tanggerang, Banten, Bekasi, Karawang) dan sebaliknya jika pagi hari kita akan melihat mereka terbang keluar Pulau Rambut.

Berdasarkan informasi kuntul kecil sudah menghuni Pulau Rambut sejak tahun 1937.

Ekosistem yang seimbang , kegiatan perlindungan kawasan dan minimnya ganguan manusia dan predator pemangsa terhadap burung ini di pulau Rambut menjadi salah satu faktor utama burung ini tetap menjadi penghuni Pulau Rambut.

 

(dycy)