Selamat Datang di Website Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta!     

Diterbitkan 10 Feb 2020

Jakarta, 9 Februari 2020. Pagi yang cukup cerah SMMA kedatangan tamu dari Komunitas Penjelajah Rimba Alam Liar (KOPRAL'04) dan Pencinta Alam Dengan Semangat Membara (PABARA) melakukan aksi bersih sampah. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh KOPRAL'04 dan PABARA untuk mengurangi/membersihkan sampah khususnya jenis plastik, tentu nya kegiatan ini di gawangi oleh Kepala Resort SM Muara Angke & TWA Angke Kapuk. Dengan personil 45 orang kami memfokuskan kegiatan ini disekitar pintu masuk Kawasan dan pondok jaga " Ujar Sukarman (Kepala Resort Resort SM Muara Angke & TWA Angke Kapuk)". Dalam aksi bersih sampah hari ini, kami memperoleh 75 karung atau setara dengan 1,5 ton sampah jenis plastik.


Dalam kesempatan yang sama, Karyadi, S.Hut., M.IL (Kepala BKSDA Jakarta) bersama dengan tim melakukan kegiatan penanaman pohon waru sebanyak 20 batang, dengan kegiatan penanaman ini diharapkan dapat mengurangi sampah yg masuk ke dalam kawasan. Menurut Karyadi, Muara Angke adalah hilir sungai angke, sehingga menjadi muara sampah maka "Bijak membuang sampah berarti sama dengan menjaga lingkungan dan peradaban". Karena kita tidak bisa menyelesaikan masalah sampah ini seorang diri, para pihak terkait harus berperan serta aktif"


SMMA sudah menjadi bagian dari kita sehingga kita akan berpartisipasi aktif dalam menjaga kawasan SMMA, khususnya dalam kegiatan pembersihan sampah ujar Wahyu (KOPRAL'04). Mengingat potensi banjir di SMMA masih bisa terjadi dan belum sepenuhnya sampah plastik di SMMA berhasil dibersihkan. Semoga semakin banyak element masyarakat yang peduli serta aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan yang serupa, karna SMMA masih berlanjut memanggil kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian alam bumi kita ini.

 

Sumber: Tim BKSDA Jakarta